MACAM MACAM BATIK DI INDONESIA

Indonesia memang negeri kaya akan karya seni batik. Kita bisa membedakan macam macam batik dari beberapa sudut pandang. Diantaranya adalah dari daerah tempat batik berasal, dari motif batiknya, dari jenis bahan kain yang dipakai, dari cara atau proses pembuatannya dan lain-lain. Kali ini kita akan coba membedakan macam-macam batik di Indonesia dari proses pembuatannya. Mau tahu apa saja macam macam batik itu? Yuk simak artikel berikut ini

Macam Macam Batik dari Cara Pembuatannya

Secara umum kita bisa membedakan macam macam batik menjadi 3 (tiga) jenis. Tiga jenis itu adalah sebagai berikut:

Batik Tulis

  1. macam macam batik
    Proses Pembuatan Batik Tulis. Sumber: http://bit.ly/18LwyVY

    Batik tulis adalah jenis yang dikerjakan menggunakan alat canting. Alat canting berbentuk kepala burung sebagai tempat menampung lilin panas dengan lubang di ujung paruhnya sebagai tempat keluarnya lilin. Prinsip kerjanya seperti pena tinta. Lilin panas akan keluar dari ujung canting dan digunakan untuk menggambar pola.

  2. Hasil dari teknik tulis terlihat lebih unik karena biasanya tidak ada gambar atau pola yang diulang-ulang dalam satu buah kain. Ukuran garis motif bisa lebih kecil dan lebih luwes apabila dibadingkan dengan teknik cap.
  3. Warnanya jika dilihat dari kedua sisi permukaan kain akan sama-sama terlihat jelas (warna tembus bolak balik)
  4. Dibutuhkan waktu hingga hingga berbulan-bulan untuk mengerjakan satu lembar kain batik tulis.
  5. Jenis ini dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dibanding macam macam batik lainnya karena waktu pembuatannya yang lama, lebih unik, kualitasnya lebih bagus dan tentunya lebih ekslusif karena tidak ada yang menyamai.

Batik Cap

  1. macam macam batik
    Proses Pembuatan Batik Riau

    Dari sekian banyak macam macam batik jenis batik ini adalah jenis yang menggunakan alat cap (canting cap) pada proses pembuatannya. Canting cap terbuat dari tembaga yang dibentuk sesuai dengan motif yang diinginkan. Canting cap ini secara prinsip gunanya sama dengan canting tulis, yaitu untuk menempelkan lilin cair pada kain. Hanya saja prosesnya lebih cepat karena polanya tidak ditulis seperti pada penggunaan canting tulis.

  2. Pada teknik cap akan kita temukan banyak pola yang diulang-ulang dengan bentuk yang sama. Dibanding teknik tulis ukuran garis motifnya biasanya lebih besar.
  3. Jika dilihat pada kedua sisi kain warnanya akan terlihat tembus walaupun biasanya kita masih bisa membedakan mana bagian atas dan mana bagian bawahnya.
  4. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat relatif lebih cepat dibanding dengan teknik tulis yaitu masih dalam hitungan minggu.
  5. Jenis ini dijual dengan harga yang relatif lebih murah bila dibanding dengan teknik tulis. Hal ini disebabkan banyak pola yang berulang dan waktu pembuatannya yang lebih cepat.

Batik Sablon Malam (Sablon Lilin)

  1. Batik sablon malam menggabungkan teknik sablon dengan teknik cap hanya saja yang disablon bukan warna tetapi lilin panas. Jenis batik ini menggunakan alat yang disebut plankan. Plankan dibuat khusus untuk cairan lilin.
  2. Pada jenis ini pola bisa tidak berulang dan desain bisa lebih detil
  3. Kedua sisi kain warnanya akan terlihat sama (tembus)
  4. Kelebihan teknik ini adalah produksi akan lebih cepat dibanding teknik cap dan juga teknik tulis.
  5. Dengan proses pembuatan yang lebih mudah dan cepat produk ini tentunya akan lebih murah dibandingkan teknik tulis atau cap.
  6. Namun dari sekian banyak macam macam batik yang beredar di pasaran beberapa pengamat masih ragu untuk menggolongkan jenis ini ke dalam jenis batik asli karena teknik pembuatannya yang menggunakan teknik sablon.

Itulah macam macam batik jika dilihat dari cara pembuatannya. Namun di lapangan adakalanya juga kita bisa menemukan jenis yang dibuat dengan campuran dari dua atau tiga teknik diatas. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa jika sebuah kain bermotif dalam proses pembuatannya menggunakan salah satu saja dari teknik diatas maka bisa dikatakan bahwa itu batik asli.  Jika tidak menggunakan satupun dari teknik di atas maka tidak bisa disebut sebagai batik melainkan Kain Tekstil Bermotif Batik atau di pasaran sering disebut sebagai batik printing. Jika itu kain tekstil bermotif batik maka pada umumnya harganya bisa dibawah macam macam batik yang dijelaskan diatas.

Pada akhirnya ini kembali pada pilihan anda. Dari sekian macam macam batik mau pilih batik asli atau kain tekstil bermotif batik, itu menjadi keputusan anda masing-masing. Semoga tulisan ini bisa memberikan wawasan yang lebih jelas lagi tentang batik dan kualitasnya. Dan semoga juga masyarakat menjadi semakin pintar memilih batik yang bagus dari sekian banyak macam macam batik yang tersedia di pasaran. Dan juga masyarakat lebih paham mengapa ada batik yang harganya mahal dan ada juga yang harganya bisa murah.

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*