BATIK RIAU MENGANGKAT WIBAWA DAN KECANTIKAN PEMAKAINYA

Canting Cap Batik Riau
Canting Cap Batik Riau

Propinsi Riau sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, sangat kaya dengan budaya dan seni yang sangat indah. Kekayaan daerah yang sedang bergairah mengembangkan Batik Riau tersebut salah satunya adalah kekayaan corak (motif) dan ragi (desain) yang sangat banyak dan beraneka ragam dalam bentuk kain songket. Bukan hanya indah, corak dan ragi  yang dihasilkan dari propinsi yang terkenal dengan Cerita Legenda Lancang Kuning tersebut pun ternyata menyimpan nilai serta filosofi-nya sendiri.

Sangat disayangkan jika mengetahui bahwa kain songket dengan ragam corak dan raginya kini hampir menjadi kenangan saja. Tidak banyak orang Melayu yang mengenal songket. Selain harganya mahal kain songket juga tidak mudah dicari. Hal ini disebabkan karena perajinnya sangat sedikit sementara peralatan dan bahan bakunya juga harus didatangkan dari luar.

Mengangkat Budaya Lewat Batik Riau

Dengan kondisi tersebut salah satu outlet batik terkemuka di Pekanbaru mulai tertantang untuk ikut mengangkat budaya Melayu tersebut melalui  seni Batik Riau. Batik Riau yang diberi label “Batik Corak Riau” ini menuangkan kembali seni corak dan ragi Riau dalam bentuk pakaian batik pria dan wanita dengan desain yang moderen dan tidak ketinggalan jaman. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekarang yang lebih dinamis dan mengikuti mode terbaru. Silahkan melihat video pembuatan Batik Corak Riau di link berikut.

Salah satu hal yang sangat penting adalah masyarakat juga perlu mengetahui bagaimana cara membedakan batik yang berkualitas dan yang tidak. Jangan sampai masyarakat hanya tergoda pada harga yang miring tapi kualitasnya kurang bagus. Bagi anda yang ada rencana membeli batik ada baiknya anda membaca artikel berikut ini (silahkan di-klik).

Batik Riau sebagai Baju Kantor dan Acara Santai

Tidak hanya untuk acara-acara khusus, Batik Riau yang berlabel “Batik Corak Riau” ini juga sangat bagus jika digunakan untuk ke kantor. Jika dilihat, Corak Riau yang ada di baju benar-benar mampu memberikan kesan gagah dan juga berwibawa bagi para pemakainya. Bagi para perempuan desainnya pun disesuaikan agar mampu mengangkat kecantikan baik luar dan juga dalam pemakainya. Hal ini tidaklah mengherankan karena corak dan ragi ini pada masanya diciptakan oleh seniman-seniman hebat dari Melayu. Di dalamnya terdapat filosofi-filosofi yang indah yang diharapkan menjadi doa bagi para pemakainya. Selain untuk ke kantor Batik Corak Riau juga tetap bagus jika digunakan pada saat santai.

Batik Riau yang berlabel “Batik Corak Riau” ini bisa didapatkan di Jl. Durian no: 21A Pekanbaru (simpang empat TVRI Riau) atau di Jl. Lembaga Pemasyarakatan no: 23A Pekanbaru (samping Rumah Sakit PMC). Jika ingin menghubungi bisa melalui nomor telpon 082169530707 atau 082169530808. Jika ingin melihat koleksinya silahkan klik disini.

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*