BATIK RIAU LANCANG KUNING DIMINATI MASYARAKAT

batik riau, batik pekanbaru, batik tabir riau, batik melayu, toko batik pekanbaru, batik riau lancang kuning
Bujang Pekanbaru mengenakan Batik Riau Lancang Kuning

Pada bulan Mei 2016 batik Corak Riau yang beralamatkan di jalan durian, Pekanbaru melakukan kerjasama bersama designer senior Indonesia yaitu Jeny Tjahyawati untuk mengembangkan Batik Riau. Dalam kolaborasi ini Batik Riau digarap dengan konsep baru yaitu dengan tema Lancang Kuning. Lancang Kuning didominasi oleh warna-warna hitam dan kuning keemasan yang elegan. Selain itu Batik Riau Lancang Kuning ini juga disiapkan untuk menjadi fashion ready to wear yang menyasar ke pecinta batik segmen atau kelas menengah yang ada di Indonesia.

Sekitar enam bulan konsep Batik Riau Lancang Kuning ini dikerjakan dengan serius. Dari motif, warna hingga design baju didiskusikan untuk bisa menghasilkan karya baru yang unik dan juga berkelas. Jeny Tjahyawati banyak memberikan ide-ide segar dalam hal design baju ready to wear. Sementara Batik Corak Riau banyak memunculkan ide-ide baru di warna juga penempatan motif batik riau pada sebuah kain.

Batik Riau Lancang Kuning Dipamerkan di Jakarta

batik riau, batik pekanbaru, batik tabir riau, batik melayu, oleh oleh khas pekanbaru, oleh oleh khas riau, batik riau lancang kuning
Batik Riau dipamerkan di JI Expo Kemayoran

Pada bulan Oktober 2016 prototipe dari Batik Riau Lancang Kuning sudah selesai dikerjakan oleh tim. Prototipe ini  kemudian dipamerkan pada Trading Expo di Jakarta International Expo yang pesertanya berasal dari berbagai negar ASEAN ditambah Jepang dan Korea. Prototipe Batik Riau Lancang Kuning ini ternyata berhasil memikat banyak tamu yang hadir di acara tersebut. Beberapa tamu bahkan melakukan order untuk dibuatkan baju Batik Riau yang sama seperti prototipe yang sedang dipamerkan di JI Expo tersebut

Setelah acara Trading Expo di Jakarta Batik Corak Riau kembali berkolaborasi dengan Bujang Dara Pekanbaru untuk membuat mini Parade Show yang diadakan di mal SKA pada Desember 2016. Pada mini parade tersebut Batik Riau Lancang Kuning dikenakan oleh para model Bujang Dara Pekanbaru dan dipamerkan keindahanya pada publik. Sekali lagi Batik Riau Lancang Kuning mendapat sambutan yang baik dari publik yang hadir di acara tersebut. Permintaan demi permintaan mulai bermunculan sebagai bentuk kerterarikan nyata publik pada Batik Riau Lancang Kuning.

Melihat antusias yang sangat besar dari para tamu di Trading Expo dan Mini Parade Show tersebut membuat Batik Corak Riau sangat yakin bahwa Batik Riau ini punya potensi yang besar untuk dikembangkan lebih lanjut. Batik Riau harus menjadi tuan rumah di Riau. Selain itu Batik Riau juga harus bisa dikenal oleh Indonesia bahkan dikenal hingga mancanegara.

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*