BATIK RIAU LARIS MANIS DI NEGERI CHINA

batik riau, batik melayu, batik tabir riau, toko batik pekanbaru, toko batik riau, batik riau diminati, konveksi seragam batik riau, toko batik melayu, motif batik riau, batik caexpo nanning china
Menggunakan kain batik buah karya Batik Corak Riau Ibu Plt Gubernur Riau Sisilita berfoto dengan Menteri Perdagangan Thomas Lembong pada acara CAEXPO di China September 2015

Ternyata Batik Riau diminati tidak hanya di provinsi Riau saja. Batik Riau diminati juga oleh masyarakat negeri Tirai Bambu China. Hal ini terbukti pada saat even tahunan CAEXPO ( China – Asean Expo ) yang ke 12 digelar di kota Nanning negeri China September 2015 lalu. CAEXPO adalah pameran perdagangan dan ekonomi yang sangat bergengsi kelas internasional yang dimotori oleh Kementerian Perdagangan 10 negara ASEAN (Indonesia, Singapura, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Viet Nam, Thailand ) dan Kementerian Perdagangan Republik Rakyat China ( RRC ).

Pada even CAEXPO tersebut, Batik Corak Riau yang diberi kesempatan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau ikut memamerkan koleksi-koleksi batik cap dengan motif-motif khas melayu Riau. Produk-produk batik riau yang dipamerkan diantaranya kemeja batik, dress batik, bolero tenun, pasmina batik, dan juga kain-kain batik khas Riau. Selama even berlangsung stand ( booth ) Batik Corak Riau banyak dikunjungi oleh masyarakat negeri China. Tidak hanya masyarakat China saja, Batik Riau diminati juga oleh warga Malaysia yang juga berkunjung di CAEXPO tersebut.

batik melayu, batik tabir riau, batik riau diminati, toko batik riau, batik riau murah, konveksi seragam batik raiu
Produk Batik Corak Riau menjadi rebutan pengunjung di China – Asean Expo, kota Nanning, Negara China September 2015

Salah satu cara yang dilakukan oleh Batik Corak Riau dalam mempromosikan produk batiknya adalah dengan cara mengedukasi / memberi pengetahuan kepada pengunjung untuk membedakan antara batik asli dengan batik yang tidak asli ( kain tekstil bermotif batik ). Tantangan dalam menjual batik saat itu adalah para pengunjung masih membandingkan harga produk batik asli dengan produk kain tekstil bermotif batik. Dengan memberikan penjelasan tersebut pengunjung akhirnya bisa memahami bahwa batik asli adalah produk yang dikerjakan dengan tangan ( handmade ) dengan  menggunakan lilin sebagai perintang warna. Sementara tekstil bermotif  batik dikerjakan dengan mesin. Itulah kenapa harga batik asli lebih tinggi dan produknya lebih ekslusif dibanding tekstil bermotif batik. Semoga dengan edukasi ini Batik Riau diminati dan akan lebih dicintai di Mancanegara di masa mendatang.

Berikut video bagaimana produk Batik Corak Riau menjadi rebutan para pengunjung :

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*