BATIK ONLINE, 13 TIPS BELANJA AMAN

Batik Online adalah salah satu solusi bagi konsumen yang ingin belanja batik dengan praktis. Bagi anda yang ingin belanja batik online perhatikan tips-tips berikut ini agar anda terhindar dari penipuan. Yuks simak artikel berikut ini:

1. Evaluasi Situs Website-nya

batik-onlineJika anda belum familiar dengan website toko batik online yang akan kita beli maka lakukan evaluasi dulu. Batik online yang terpercaya harusnya sudah punya atau membeli nama domain yang berbayar, misalnya: “www.namadomain.com”. Jika nama domainnya masih gratisan/bergabung dengan website lain seperti “www.namadomain.blogspot.com” maka ada baiknya lebih berhati-hati. Jika untuk membeli nama domain untuk bisnis saja tidak bisa maka kita bisa bayangkan bagaimanakah kira-kira bisnis orang yang akan kita beli produknya ini. Layakkah dipercaya?

2. Cek Alamat Toko Batik Online Tersebut

Pastikan ada alamat lengkap rumah / toko dari website batik online tersebut agar kita bisa datang langsung jika terjadi masalah (terutama jika nilai transaksinya besar). Cek lokasinya lewat aplikasi semacam misalnya google map untuk memastikan alamat itu memang benar-benar ada. Jika kita punya teman atau saudara yang tinggal di kota yang dimaksud ada baiknya kita tanya dulu sama mereka tentang keberadaan toko batik online tersebut. Semakin dikenal toko batik online tersebut tentunya semakin aman transaksi kita. Lebih baik lagi jika di website penjual diperlihatkan foto bangunan toko onlinenya baik dari luar maupun dari dalam. Ini membuat konsumen lebih percaya lagi dan juga mudah mengenali apabila konsumen ingin berkunjung ke lokasi.

3. Cek Nomor Telepon

Sebelum transaksi ada baiknya kita coba telepon dulu ke toko batik online tersebut. Siapkan pertanyaan dan tanyakan tentang produk-produk batiknya. Waspadalah jika lawan bicara kita terkesan tidak menguasai pengetahuan produk-produknya. Bisa jadi itu adalah penipuan. Jika website tersebut menyertakan nomor telepon rumah fix-line / kabel dari PT. Telkom maka bisnis tersebut semakin dipercaya. Pemilik telepon rumah fix-line / kabel data-datanya terdaftar oleh PT. Telkom sehingga kemungkinannya kecil untuk melakukan penipuan. Hati-hati jangan tertipu dengan nomor operator cdma karena nomor teleponnya juga memakai kode area mirip dengan telepon kabel dari PT. Telkom.

4. Hindari Pemakaian Kartu Kredit

Sebaiknya hindari pembayaran dengan kartu kredit untuk pembelian batik online. Sangat berbahaya jika kita harus menginput nomor kartu kredit beserta PIN-nya ke website penjual batik online. Apalagi jika kita belum familiar dengan website dimana kita akan membeli batik. Lebih aman gunakan transfer ke rekening bank yang bersangkutan. Selain transfer antar bank, PayPal juga salah satu yang bisa dipertimbangakan untuk melakukan transaksi secara aman. Baca juga artikel berikut klik disini.

5. Foto Bagus Bukan Jaminan Barangnya Bagus

Banyak konsumen kecewa ketika membeli dari toko batik online karena warna dan bahan kainnya tidak sesuai dengan yang terlihat pada foto produk di website. Saat ini banyak bisnis batik online yang mengedit foto produknya software tertentu agar nampak jauh lebih bagus daripada produk aslinya dan agar lebih menarik konsumen. Tanyakan kepada penjualnya tentang seberapa persen kemiripan batik aslinya dengan yang terlihat di foto.

6. Kuasai Pengetahuan Produk Batik

Sebagian besar masyarakat kita tidak bisa membedakan mana produk batik yang bagus dan mana yang tidak. Ini yang menyebabkan konsumen banyak tertipu pada saat belanja batik online. Kuasai dulu ciri-ciri batik asli dan batik palsu. Selain itu konsumen juga harus bisa membedakan antara batik tulis, batik cap dan batik printing. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang batik tulis dan batik cap silahkan baca artikel disini. Selain itu pelajari juga pengetahuan tentang produk batik printing di artikel batik printing berikut. Jangan lupa tanyakan juga kualitas jahitannya.

7. Jangan Mudah Tergoda Harga Murah

Harga berbanding lurus dengan kualitas oleh karenanya jangan mudah tergoda pada batik online yang menjual produk dengan harga murah meriah. Jika harga batik nya sangat murah kita perlu pertanyakan kualitasnya. Percuma saja membeli batik yang murah jika ternyata batiknya mudah luntur jika dicuci. Selain itu batik murah biasanya dibuat dari katun yang kualitasnya jelek sehingga batiknya menyusut setelah dicuci (ukuran batiknya mengecil). Ini menyebabkan batik tidak bisa dipakai lagi karena menjadi sempit.

8. Komunikasikan Ukuran Baju Dengan Baik

Salah satu yang sering terjadi adalah ukuran batik yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Perlu diingat bahwa produksi batik biasanya dilakukan secara tradisional/home industry. Setiap home industry memakai standar ukuran baju mereka masing-masing. Jangan heran jika ukuran S di satu toko batik online panjang dan lebar bajunya berbeda dengan ukuran S di satu toko batik online lainnya. Lebih baik jika konsumen meminta informasi produk yang lebih detil seperti panjang baju, lingkar dada, lingkar lengan dan lain-lain.

9. Hindari Bertransaksi Dengan Makelar

Pastikan anda bertransaksi dengan pemilik bisnis bukan dengan makelar. Saat ini banyak bertebaran situs-situs makelar di dunia maya. Mereka bukanlah pemilik bisnis tapi hanya seseorang yang kebetulah ahli membuat website untuk memasarkan produk. Biasanya mereka mendapatkan fee dari pemilik bisnis. Jika ada orderan masuk ia baru melempar ordernya ke pemiliki bisnis batik. Ciri-ciri dari makelar ini adalah tidak mau memberikan alamat bisnis. Tema websitenya biasanya general tidak spesifik pada produk tertentu seperti memakai nama orang (ex: www.namaorang.com). Jika ditelepon orangnya tidak menguasai dengan baik produk batiknya. Saat konsumen order biasanya responnya lama dalam mengambil keputusan karena ia koordinasi dulu dengan pemilik bisnis batik. Makelar ini biasanya memasarkan berbagai macam produk istilahnya “PALU GADA” atau “apa lu mau gue ada”. Dari kelapa sawit, batubara, oli, service AC sampai batik pun ada. Hati-hati bertransaksi dengan website semacam ini karena kemungkinan konsumen kecewa sangat tinggi.

 10. Cek Testimoni

Cek testimoni dari orang-orang yang pernah bertransaksi di website batik online tersebut. Cek juga lewat mesin pencari (seperti google misalnya) testimoni-testimoni dari orang yang pernah belanja di batik online tersebut. Jika ternyata banyak ditemukan keluhan-keluhan dari orang yang pernah bertransaksi maka lebih baik lupakan rencana kita untuk belanja di batik online tersebut. Tapi cek juga jangan sampai kita gegabah menilai buruk hanya karena ada beberapa orang memberikan testimoni yang buruk di internet. Bandingkan juga dengan orang-orang lain yang memberikan testimoni bagus saat bertransaksi dengan website tersebut. Jika jauh lebih besar jumlah yang memberikan testimoni bagus maka itu masih terbilang cukup aman untuk bertransaksi

 11. Baca Baik-Baik Peraturan Situs

Batik online tempat kita belanja tentunya mempunya peraturan-peraturan. Baca dengan seksama peraturan-peraturan transaksi di situs batik online dimana konsumen akan bertransaksi. Pastikan ada peraturan yang memberikan solusi apabila barang yang diterima konsumen ternyata cacat atau salah barang. Solusi tersebut misalnya adalah penggantian dengan barang baru atau solusi lainnya sesuai dengan kesepakatan. Jika peraturan itu tidak tercantum di website sebaiknya ditanyakan lebih dahulu sebelum bertransaksi.

12. Pasang Antivirus

Amankan komputer atau perangkat elektronik anda dari virus. Sebaiknya perangkat mempunyai dilengkapi dengan firewall dan anti spyware. Pastikan peranti lunak ini di-update secara teratur untuk memastikan keamanannya pada saat berbelanjan batik online. Ini untuk mencegah orang yang tidak bertanggungjawab menanamkan malware atau program yang berbahaya. Malware ini bisa mengendalikan PC anda dan bisa juga mencuri data-data rahasia anda.

13. Tes Dengan Nominal Transaksi Yang Kecil Dahulu

Jika banyak barang yang anda minati pada situs batik online tersebut jangan langsung diorder/dibeli semua. Ini berlaku apabila situs dimana anda akan berbelanja adalah situs batik online yang anda belum familiar. Pastikan website tersebut bukan website penipu dengan cara melakukan  transaksi pembelian yang kecil dahulu. Ini dilakukan untuk menekan resiko kerugian akibat kita salah berbelanja pada website penipu. Jika transaksi pertama berjalan dengan aman maka bisa dilakukan transaksi selanjutnya dengan nilai transaksi atau jumlah produk yang lebih besar.

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*