8 OLEH OLEH KHAS PEKANBARU

Pekanbaru adalah kota yang sangat terkenal dengan kerajinan Batik Riau. Jika anda sedang ada kegiatan bisnis atau memang sedang berlibur ke Pekanbaru jangan sampai anda lewatkan berkunjung ke tempat-tempat menarik di kota ini. Ada beberapa tempat wisata di Pekanbaru dan sekitarnya yang perlu anda tahu. Selain itu anda juga harus menyempatkan mencicipi makanan khas Riau dan juga mengunjungi kuliner pekanbaru yang asik buat nongkrong bersama keluarga. Jangan lupa nikmati juga sensasi Spa Pekanbaru. Nah, selesai dari aktifitas di atas, ritual kegiatan bisnis atau liburan biasanya akan ditutup dengan mencari oleh oleh khas Pekanbaru. Artikel ini akan membantu anda memilih buah tangan untuk keluarga tercinta pada saat anda kembali ke tempat tinggal. Berikut adalah 8 oleh oleh khas Pekanbaru yang perlu anda tahu.

1. Batik Corak Riau Jalan Durian Pekanbaru

batik riau, memilih batik riau, batik tabir riau, toko batik pekanbaru, toko batik riau, oleh oleh khas pekanbaru, oleh oleh riau, batik pekanbaru
Batik Corak Riau dikenakan oleh Dara Pekanbaru dalam mini parade show

Kalo batik motif Jawa itu biasa. Kalo batik motif Melayu Riau itu baru luar biasa. Ya, oleh oleh khas Pekanbaru kita yang pertama adalah produk Batik dengan brand merk “Corak Riau”. Batik Corak Riau mengangkat motif-motif khas Melayu Riau untuk dijadikan Batik. Itulah kenapa desain motifnya pun unik dan tidak ada yang menyamai karena dibuat eklusif dengan tangan (handmade) dan lilin cair. Kualitas kainnya bagus dan warnanya pun dijamin tidak mudah luntur karena batik Corak Riau ini dikerjakan oleh perajin batik yang handal. Tertarik? Silahkan klik link berikut untuk mendapatkan alamat Batik Corak Riau atau bisa kunjungi akun instagramnya di https://www.instagram.com/batikriau/.

2. Kaos Khas Pekanbaru

oleh oleh khas pekanbaru
Harga kaos keren ini bisa di dapatkan di toko Batik Corak Riau Pekanbaru

Oleh oleh khas Pekanbaru berikutnya adalah kaos. Kaos khas daerah sepertinya sudah menjadi hal yang wajib menjadi buah tangan apabila kita berkunjung di suatu kota atau daerah. Di kota Pekanbaru pun di beberapa tempat ada yang menyediakan kaos khas daerah dengan berbagai macam tulisan seperti “I love Pekanbaru” dan semacamnya. Ada juga kaos yang menampilkan gambar-gambar bangunan khas di Riau seperti candi Muara Takus, istana Siak dan lain-lain.

Kaos merupakan oleh oleh khas Pekanbaru yang pas untuk keluarga atau rekan kerja. Jika oleh oleh makanan bisa habis dimakan tidak demikian dengan kaos. Selain harganya sangat terjangkau, kaos bisa bertahan hingga 1 sampai 2 tahun pemakaian. Sepertinya kaos akan jadi oleh oleh yang lebih berkesan bagi rekan dan keluarga.

Jika anda ingin mendapatkan kaos dengan harga yang paling murah di kota Pekanbaru anda bisa datang ke Toko Batik Corak Riau. Alamat toko tersebut bisa dilihat dengan cara klik disini. Harga kaos disini sangat murah namun kualitasnya juga cukup bagus. Harganya dijamin lebih murah dari tempat lain dan fix (tidak perlu capek menawar lagi). Selain itu tempat belanjanya pun lebih nyaman dan dekat pusat kota Pekanbaru.

Jika belanja kaos di pasar resikonya harus mau berdesak-desakkan di gang sempit dan kadang becek. Anda juga harus pintar-pintar menawar. Jika anda tidak paham bahasa lokal Pekanbaru anda akan kesulitan menawar. Jika anda berhasil menawar pun belum tentu harganya bisa lebih murah dibanding beli di toko ini. Ditambah lagi resiko disewotin sama ibu-ibu di pasar karena kebanyakan nawar 🙂

3. Bolu Kemojo

makanan khas riau, makanan khas pekanbaru, wisata riau, wisata pekanbaru, kota pekanbaru, budaya melayu riau, budaya melayu riau, siak, oleh oleh khas pekanbaru, oleh oleh khas riau, pekanbaru
Bolu Kemojo. Sumber: http://bit.ly/1d4IRNt

Oleh oleh khas Pekanbaru yang kedua adalah Bolu Kemojo. Kue yang dibuat dengan cara dikukus ini rasanya manis. Kandungan santan yang ada didalam bolu ini membuat rasanya juga enak dan legit pada saat menyentuh lidah kita.

Saat ini Bolu Kemojo sudah dikembangkan lagi menjadi berbagai macam varian rasa diantaranya rasa coklat, rasa pandan dan rasa lainnya yang tak kalah enaknya. Tidak lengkap bila anda datang datang ke wisata Pekanbaru tanpa mencicipi kue spesial ini. Bolu Kemojo sangat cocok dijadikan hidangan pada saat minum teh makanya jangan lupa untuk membungkus kue ini untuk dijadikan oleh oleh dari Riau.

4. Lempok Durian

makanan khas riau, makanan khas pekanbaru, wisata riau, wisata pekanbaru, kota pekanbaru, budaya melayu riau, budaya melayu riau, siak, oleh oleh khas pekanbaru, oleh oleh khas riau, pekanbaru
Lempok Durian. Sumber: http://bit.ly/1bFn7Xs

Lempok Durian adalah dodol yang dibuat dengan bahan utamanya yaitu buah durian. Lempok dibuat dengan cara tradisional dan dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Riau. Propinsi Riau lebih tepatnya di kabupaten Bengkalis adalah salah satu pembuat lempok yang terkenal sangat enak.

Kini lempok telah dijual hingga ke manca negara. Lempok hampir selalu tersedia karena bahan mentahnya yaitu durian termasuk buah yang tidak mengenal musim seperti buah lainnya. Jangan sampai anda tidak mencoba oleh oleh khas Pekanbaru yang satu ini karena rasa duriannya akan membuat anda lupa untuk berhenti memakannya. Apalagi rasa durian Riau dikenal sangat lezat. Rugi jika anda berkunjung dan melihat wisata Pekanbaru tanpa membawa lempok sebagai buah tangan bagi keluarga.

5. Kacang Pukul Bagansiapiapi

Kita lanjut ke oleh oleh khas Pekanbaru berikutnya yaitu kacang pukul Bagansiapiapi BaganSiapiapi adalah salahsatu kota Pelabuhan di propinsi Riau yang terletak di Kabupatan Rokan Hilir. Kacang Pukul merupakan oleh-oleh khas Riau yang banyak diproduksi masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi sejak turun temurun.

Jika kita lihat dan rasakan, kacang pukul ini mengingatkan kita dengan makanan khas Jawa yaitu enthing-enthing gepuk. Rasanya manis bercampur gurih dan didalamnya ada kacang yang sudah ditumbuk. Di Bagansiapiapi kacang ini sangat terkenal dan karena letak kota yang dekat dengan jalur perdagangan duni (Selat Malaka) maka makanan ini pun menyebar hingga ke Negara lain. Kacang pukul ini banyak tersedia di toko oleh oleh di Pekanbaru.

6. Gantungan Kunci Khas Pekanbaru

oleh oleh khas pekanbaru
Aksesoris Gantungan Kunci dan Magnet Kulkas khas Pekanbaru Riau

Jika anda mempunyai rekan atau keluarga yang sangat banyak untuk dibawakan buah tangan mungkin oleh oleh berikut bisa jadi pilihan yang pas. Oleh oleh khas Pekanbaru yang dimaksud adalah aksesoris atau pernak pernik sebagai contoh misalnya gantungan kunci, magnet kulkas dan lain sebagainya. Harga gantungan kunci dan magnet kulkas bervariasi yaitu dari Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 15.000,-.

Dengan harganya yang sangat amat terjangkau tentunya aksesoris seperti ini adalah pilihan yang tepat dan ekonomis bagi anda yang ingin belanja oleh oleh dalam jumlah banyak namun kantong tetap terjaga “kesehatannya”. Aksesoris semacam ini juga tersedia di Toko Batik Corak Riau. Jika ingin mengetahui alamat atau lokasi toko silahkan klik disini.

7. Keripik Nenas

makanan khas riau, makanan khas pekanbaru, wisata riau, wisata pekanbaru, kota pekanbaru, budaya melayu riau, budaya melayu riau, siak, oleh oleh khas pekanbaru, oleh oleh khas riau, pekanbaru
Keripik Nenas. Sumber: http://bit.ly/1fCec6k

Nenas adalah salah satu buah yang melimpah di Pekanbaru. Dengan sentuhan kreatif dari masyarakat kini buah nenas bisa dinikmati dalam bentuk yang lain yaitu bentuk keripik. Cara membuat keripik nenas ini dengan mengupas dalam bentuk tipis lalu direbus. Setelah direbus kemudian diberikan bumbu dan dijemur di matahari. Setelah dijemur pada panas matahari kemudian digoreng sehingga menjadi keripik dengan rasa yang khas dan enak.

Keripik nenas bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin membawa oleh oleh khas Pekanbaru untuk keluarga di rumah. Keripik ini banyak tersedia di toko oleh oleh di kota Pekanbaru. Penasaran? Makanya buruan cobain keripik nenas yang lezat ini.

8. Dodol Kedondong

Ada yang tidak tau buah kedondong? Buah yang bijinya punya serabut ini rasanya masam dan biasa digunakan sebagai rujak. Ternyata buah ini juga bisa diolah menjadi oleh oleh khas Pekanbaru yang unik. Di Rengat, Riau, kedondong ternyata diolah menjadi dodol yang nimat rasanya. Seperti halnya dodol lainnya dodol kedondong ini juga terbuat dari bahan-bahan seperti buah kedondong, gula, dan juga wijen. Warna dodol ini cokelat lebih terang, tidak seperti dodol lainnya yang biasanya berwarna gelap. Rasanya tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu asam namun baunya harum memikat.

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*