7 TIPS MEMILIH BATIK RIAU

Jika anda berencana untuk membeli Batik Riau maka sangat direkomendasikan untuk membaca Tips Memilih Batik Riau berikut:

1. Pilih Batik Asli

memilih batik riauTips memilih Batik Riau yang pertama adalah memastikan keaslian batiknya. Masyarakat perlu ekstra berhati-hati karena saat ini banyak sekali batik palsu beredar di pasaran. Batik yang masuk dalam kategori asli adalah batik yang dalam proses pembuatannya menggunakan lilin (malam) yaitu Batik Tulis dan Batik Cap. Jika ingin lebih jelas silahkah melihat video pembuatan Batik Riau kami di youtube. Sementara untuk Batik Printing tidak termasuk dalam jenis batik karena pengerjaannya tidak memakai lilin. Batik Printing lebih cocok bila disebut sebagai kain tekstil bermotif batik.

2. Jahitan

Tips memilih Batik Riau yang berikutnya adalah cek jahitannya. Jika anda membeli batik yang sudah dijahit menjadi baju maka anda perlu mengecek kualitas jahitannya. Semakin rapat jahitan maka semakin banyak benang yang digunakan dan jahitannya pun kuat. Pastikan juga jahitannya tidak mengambang atau loncat.

3. Bahan

Dalam memilih Batik Riau perlu mengecek juga bahan kainnya. Batik yang asli menggunakan kain dengan bahan serat kain alami seperti katun dan sutera. Apabila anda menemukan batik dengan bahan kain sintetis misalnya polyester maka bisa dipastikan batik tersebut tidak asli. Biasanya batik yang tidak asli warnanya lebih mengkilap dan bahannya terasa licin bila dipegang. Hati-hati apabila anda ditawari batik dengan bahan satin atau bahan semi sutera karena kebanyakan adalah bukan batik asli. Perhatikan betul-betul warnanya dengan cara seperti yang dijelaskan pada point nomor 4 (empat) berikut.

4. Warna

Warna batik adalah salah satu yang juga penting untuk diperhatikan dalam memilih Batik Riau. Batik asli baik batik tulis & batik cap warnanya hampir sama baik di bagian luar maupun dalam (warna menembus kain). Sementara batik printing dan tekstil bermotif batik di bagian sisi dalam warnanya lebih pudar. Hal ini disebabkan batik printing (atau tekstil) menggunakan teknik sablon dalam pembuatannya sehingga wajar bila bagian luar warnanya bagus tetapi pada bagian dalam warnanya lebih pudar (tidak tembus warnanya).

5. Motif

Jika anda memilih Batik Riau jangan lupa perhatikan juga motif atau corak batiknya. Batik yang asli (baik batik tulis atau batik cap) dikerjakan dengan tangan manusia. Hal ini menyebabkan motifnya tidak simetris sempurna dan tidak rapi sempurna. Kadang ditemukan juga percikan-percikan titik warna dibeberapa bagian. Namun itu justru yang menjadikan batik asli mempunyai nilai seni yang tinggi. Berbeda dengan batik palsu, batik palsu (printing) motifnya sangat simetris dan rapi. Hal ini dikarenakan batik palsu diproduksi menggunakan mesin.

6. Harga

Jangan pernah tergoda untuk membeli atau memilih Batik Riau hanya karena harganya murah. Jika anda menemukan batik dengan harga dibawah harga standar sangat direkomendasikan anda mengecek batik tersebut dengan poin-poin yang sudah dijelaskan diatas.

7. Pilih Merek Batik Yang Terpercaya

Jika anda ingin memilih Batik Riau yang terjamin keasliannya dan kualitasnya maka pastikan anda memilih produk batik yang berlabel atau bermerek “Corak Riau”. Produk ini bisa didapatkan di Jl. Durian no 21a (Simpang Empat TVRI Riau) atau Jl. Lembaga Pemasyarakatan 23c (Samping Rumah Sakit PMC), Gobah, Pekanbaru. Info lebih lanjut kontak ke no telepon 0821-6953-0707 / 0821-6953-0808.

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*