5 FUNGSI PAKAIAN ADAT RIAU

Pakaian adat Riau hampir selalu dikaitkan dengan norma sosial, agama dan adat istiadat. Ini membuat pakaian adat ini berkembang dengan makna dan filosofi yang bermacam-macam. Pakaian adat Riau juga dikaitkan dengan fungsinya yaitu:

1. Menutup Malu

pakaian adat melayu, pakaian melayu, pakaian riau, adat melayu, adat riau, budaya melayu, budaya riau, batik riau, pakaian adat riau
Sumber Foto : http://bit.ly/QTELPF

Fungsi pakaian adat Riau yang pertama adalah sebagai penutup malu. Penutup malu disini bisa diartikan bahwa pakaian adalah berfungsi sebagai penutup aurat. Apalagi di daerah melayu Riau adalah salah satu daerah yang sangat menjunjung nilai-nilai kesopanan. Salah satunya adalah kesopanan dalam berpakaian. Makanya cara berpakaiannya pun jauh lebih tertutup bila dibandingkan dengan cara berpakaian orang-orang dari bangsa Barat.

2. Menjemput Budi

Fungsi pakaian adat Riau berikutnya adalah untuk membentuk budi pekerti, membentuk kepribadian dan membentuk watak. Dengan mengenakan pakaian adat Riau diharapkan pemakainya selalu mengingat sebagai bangsa Melayu Riau sehingga si pemakai tahu diri dan selalu menjaga diri serta berusaha memelihara akhlak mulia.

3. Menjunjung Adat

Fungsi pakaian adat Riau ke-tiga adalah untuk menjunjung adat. Hal ini berarti pakaian harus mencerminkan nilai-nilai luhur yang terdapat di dalam adat dan tradisi yang hidup dalam masyarakat. Perlu diketahui bahwa pakaian adat Riau itu mempunyai bentuk-bentuk corak dan ragi yang khas. Corak dan ragi tersebut mengandung nilai-nilai filosofi yang luhur yang telah dibangun oleh masyarakat melayu Riau secara turun temurun. Kini corak dan ragi tersebut bukan hanya dikembangkan dalam bentuk tenun saja namun sudah berkembang dalam bentuk kerajinan batik riau.

4. Menolak Bala

Fungsi pakaian adat Riau yang keempat adalah untuk menolak bala. Berpakaian dengan cara yang benar dan patut akan menghindarkan pemakainya dari mendapat bahaya atau malapetaka. Sebagai contoh apabila seorang wanita memakai pakaian adat Riau yang tertutup, sopan dan sesuai dengan nilai-nilai budaya Melayu Riau maka orang juga akan merasa segan dan lebih menghormatinya. Namun apabila seorang wanita memakai pakaian yang terbuka dan tidak sopan maka hal ini justru mengundang orang di sekitarnya untuk berbuat hal-hal yang bisa jadi membahayakan wanita tersebut.

5. Menjunjung Bangsa

Fungsi pakaian adat Riau yang terakhir adalah untuk menjunjung bangsa. Pakaian adalah salah satu alat untuk menunjukkan identitas suatu bangsa. Dengan kepribadian dan watak yang luhur ditambah dengan pakaian adat yang berbudaya tinggi maka ini menjadi suatu senjata yang ampuh untuk mengangkat identitas suatu bangsa agar lebih dikenal oleh bangsa lain.

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*