5 CORAK BATIK RIAU TERINSPIRASI HEWAN

Batik Riau yang diangkat oleh “Batik Corak Riau” sebenarnya berasal dari corak / motif tradisional Riau yang sudah ada sebelumnya. Motif-motif tersebut diracik dan ditata ulang untuk menghasilkan gambar baru yang kemudian diimplementasikan pada kain dengan proses membatik. Jika ingin mengerti lebih dalam lagi tentang batik silahkan baca artikel disini.

Dari sejarahnya corak-corak Riau banyak yang terinspirasi oleh hewan, tumbuhan, benda angkasa, bentuk tertentu dan juga dari kaligrafi. Corak-corak itu biasanya telah dimodifikasi menjadi abstrak sehingga tidak terlihat lagi bentuk asalnya. Berikut adalah 5 corak batik riau yang terinspirasi dari hewan.

1. Semut Beriring Turun

batik pekanbaru, batik tabir riau, corak batik riau, oleh oleh khas pekanbaru, oleh oleh pekanbaru, pekanbaru riau, toko batik pekanbaru, toko batik riau, wisata pekanbaru, batik riau
Corak Semut Beriring

Corak batik Riau yang pertama adalah Semut Beriring Turun. Jika kita melihat corak ini mungkin kita akan bertanya-tanya dimanakah gambar semutnya. Hal ini terjadi karena tidak ada gambar semut satu pun pada corak ini. Mungkin inilah salah satu dari sekian banyak corak yang dibuat menjadi abstrak oleh seniman Riau pada jaman dahulu. Jika kita lihat lagi sekilas, sebenarnya corak ini lebih terlihat seperti sebuah tali tambang yang terpilin dengan kokoh daripada semut-semut yang sedang beriring.

2. Itik Bersabung Dua

Corak batik Riau berikutnya adalah Itik Bersabung Dua. Walaupun corak Batik Riau ini abstrak, namun masih bisa kita lihat kemiripan corak ini dengan seekor itik. Corak ini nampak seperti dua ekor itik yang sedang berdiri saling membelakangi. Dari sudut pandang lain bisa juga kita mempersepsikan corak ini seperti huruf “S” yang juga berdiri saling membelakangi.

3. Merpati Sekawan Pulang Senja

Corak batik Riau yang ketiga adalah Merpati Sekawan Pulang Senja. Sama seperti dua corak sebelumnya, pada corak ini kesan abstraknya kental. Agak sulit bagi kita untuk mengenali di sisi manakah gambar merpati itu terlihat. Namun jika kita perhatikan lagi dengan lebih teliti kita akan mendapat beberapa bentuk merpati. Kita bisa meraba-raba bentuk ekor, kepala dan sayapnya.

4. Ikan Beriring

Pada corak Ikan Beriring ini akan sangat mudah bagi kita untuk mengenali bentuk ikannya. Tidak perlu susah-susah untuk mengenali bentuk ikannya. Anak kecil pun akan sangat mudah menemukan bentuk ikan ini. Diantara corak-corak lainnya mungkin corak batik Riau Ikan Beriring ini adalah salah satu yang dibuat dengan secara tidak abstrak.

5. Naga Menyamar

batik pekanbaru, batik tabir riau, corak batik riau, oleh oleh khas pekanbaru, oleh oleh pekanbaru, pekanbaru riau, toko batik pekanbaru, toko batik riau, wisata pekanbaru, batik riau
Corak Naga Menyamar

Corak batik Riau yang terakhir ini cukup menarik karena motifnya memang terlihat lebih menyenangkan. Sesuai dengan namanya yaitu Naga Menyamar, memang kita bisa meraba bentuk naganya, namun dari sudut pandang lain kita juga seolah-oleh melihat seekor bebek. Bebek ini seolah sedang berjalan riang dengan tubuhnya dipenuhi dengan dedaunan. Mungkin naganya memang sedang menyamar jadi seekor bebek 🙂

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*