10 ALAT DAN BAHAN UNTUK MEMBUAT BATIK TULIS

Indonesia mempunyai banyak macam macam jenis batik diantaranya adalah batik cap dan batik tulis. Kali ini kita akan membahas apa saja sih yang diperlukan untuk membuat batik tulis. Dalam pemrosesan batik tulis tentunya ada alat dan bahan yang harus disiapkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan untuk membuat  batik tulis :

1. Pewarna Batik

pewarna batik
Buah Mengkudu salah satu pewarna batik alami. Sumber: www.obatpenyakitherbal.com

Bahan pewarna batik ini macam-macam jenisnya. Sekarang ini jenis pewarna sintetis pun banyak ditemukan dan juga digunakan oleh para pembuat batik tulis. Namun saat ini beberapa pembatik masih mempertahankan tradisi jaman dahulu dengan menggunakan pewarna batik dari bahan alami. Selain lebih ramah bagi lingkungan pewarna alami juga memberikan nuansa warna yang berbeda pada batik.  Bagi yang ingin tahu apa saja contoh-contoh bahan pewarna batik alami silakan baca artikelnya dengan klik disini.

2. Dingklik / Bangku

Dingklik adalah tempat duduk yang digunakan pada saat pembatik melakukan proses membuat batik tulis. Tempat duduk ini biasanya dipilih dengan menyesuaikan tinggi dari orang yang akan melakukan proses membatik. Hal ini diperlukan untuk kenyamanan pembatiknya selama proses menuliskan malam ke kain mori. Biasanya dingklik terbuat dari kayu atau bisa juga dari rotan. Namun bisa juga dipilih dingklik atau tempat duduk yang terbuat dari plastik. Semua ini tergantung selera masing-masing orang. 

3. Bandul

Saat pembuatan batik tulis, agar kain tidak bergeser atau tertiup angin biasanya pembatik memberikan bandul. Bandul ini fungsinya sebagai pemberat. Bandul bisa terbuat dari logam, kayu atau batu.

4. Taplak

Taplak terbuat dari kain. Gunanya adalah melindungi paha pembuat batik tulis agar tidak terkena tetesan malam / lilin panas pada saat membatik dengan canting. Tidak perlu kain yang bagus, yang penting bisa melindungi paha / kaki. Semakin tebal semakin bagus agar panasnya tidak tembus sampai di kaki pembatik.

5. Canting (Batik Tulis)

canting
Canting. Sumber : http://bit.ly/1IBZLyD

Canting adalah peralatan utama yang digunakan untuk membatik. Canting dibuat dari campuran tembaga dan kayu atau bambu. Alat inilah yang digunakan oleh pembuat batik tulis untuk menggambar batik dengan cairan malam/lilin panas. Canting sendiri terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing jenis digunakan untuk keperluannya masing-masing misalnya membentuk kerangka/pola dasar atau untuk mengisi bidang pada kain batik. Bagi anda yang ingin tau lebih jauh tentang canting silahkan baca artikel berikut tentang canting batik.

6. Meja Kayu / Kemplongan

Alat ini digunakan untuk meratakan kain yang kusut sebelum digambar pola dan dibuat menjadi batik tulis. Meja kayu/kemplongan dibuat dari kayu dan dibentuk meja. Komplongan terdiri atas kayu, palu dan penggilasan kayu.

7. Kain Mori

batik riau, batik pekanbaru
Kain mori. Sumber: http://bit.ly/1iZW2m9

Mori adalah bahan baku batik katun yang terbuat dari kapas. Kain katun mempunyai beberapa jenis kualitas. Semakin bagus kualitas katun kainnya semakin halus dan benangnya pun rapat semakin bagus pula batik tulis yang dihasilkan. Dalam menentukan ukuran kain untuk batik tulis akan sangat tergantung dari tujuan pembuatannya. Misalnya untuk membuat baju lengan lengan pendek pria tentunya akan berbeda ukuran dengan untuk membuat gaun panjang wanita. Namun selain dari katun batik juga bisa dibuat dari bahan sutra, poliester, rayon dan bahan lainnya.

8. Lilin/malam

Lilin / malam yang dimaksud disini adalah lilin yang sudah dicairkan. Ada berbagai jenis lilin / malam yang biasanya digunakan dalam pembuatan batik tulis. Masing-masing jenis lilin ikut menentukkan hasil dan kualitas dari batik tulis yang dibuat.

9. Wajan dan Kompor

batik tulis, batik riau, batik pekanbaru, toko batik pekanbaru,
Malam/lilin, wajan dan anglo/kompor. Sumber: http://fanabis.blogdetik.com

Wajan digunakan untuk tempat lilin / malam. Lilin / malam ini dimasukkan ke wajan dan dipanaskan menggunakan kompor kemudian digunakan sebagai bahan untuk menggambar batik tulis. Jaman dulu kompor menggunakan bahan bakar minyak tanah. Dewasa ini bahan bakar kompor tidak hanya dari minyak tanah saja namun bisa bahan bakar lain seperti gas. Selain kompor ada juga pembatik yang masih setia menggunakan anglo. Anglo adalah alat memasak yang berbahan bakar arang.

10. Gawangan

Pada saat pembuatan batik tulis akan diperlukan gawangan atau tempat untuk meletakkan kain yang akan dibatik. Gawangan ini bisa terbuat dari kayu atau bambu. Gawangan ini bisa dipindah-pindah tergantung dari kebutuhan pembatiknya.

Be Sociable, Share!

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

*